Hari Ketiga Trip Jogja ~Candi ~ Prambanan– Borobudur – Ratuboko

Wisata Candi Prambanan

Ada yang belum di publish untuk trip saya ke candi. masih Lanjutan jalan2 trip to jogja. waktu itu Saya berangkat pagi2 menggunakan motor. Untungnya waktu itu ngk hujan,,Jadi Jalan-jalannya seru. Jalan2nya ditemani salah seorang sahabat ku Andi ( kebetulan lagi s2 di jogja)

Kami pun Melaju ke arah prambanan, dengan membayar tiket masuk seharga 20 ribu rupiah, saya mencoba untuk keliling  Prambanan dan bertanya sejarah candi  ke salah satu penjaganya..”‘

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, berketinggian 47 meter, dibangun pada abad 9. Letaknya berada 17 km arah timur Yogyakarta di tepi jalan raya menuju Solo

1417998652544

karena gempa di jogja, ada beberapa candi yang belum ditata lagi batuannya. sehingga masih banyak yang berantakan.tapi sejauh ini lumayan lah,,

1417950233097  1417950263597

Candi Borobudur

Dari candi prambana saya melanjutkan perjalanan ke arah magelang,,hayeiii 🙂 🙂 🙂 🙂 :)…let go Borobudur. kata orang belum afdal kalau ke jogja kalau belum ke borobudur.perjalanan kami tempuh selama kurang lebih 1 jam dari arah prambanan. Matahari dengan lantangnya membakar Punggung,laju motor pun Semakin dipercepat. Alhasil kami sampai disana pukul 1 siang..

sejarah candi borobudur

Candi Borobudur ini berada di daerah atas Desa Borobudur, Magelang. Diapit oleh sejumlah gunung, seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan juga Gunung Merbau. Menariknya, Candi Borobudur miliki kita ini adalah candi yang sangat besar dan terbesar kedua di dunia setelah Candi Angkor yang ada di Thailand

Masuk ke kawasan candi, musti membeli tiket Rp 30.000, tergolong cukup mahal. Di pintu pertama kami dikasih kain salendang untuk dipakai,kami diharuskan untuk memakai kain batik semacam jarik atau selendang yang dililitkan dipinggang. Kain tersebut dipinjamkan secara gratis oleh pihak pengelolal Candi Borobudur. Ketika kami menanyakan kenapa harus pakai batik, katanya untuk memasyaratkan kain bermotif batik. Setelah besual besuel melilitkan kain batik di pinggang, kami segera naik ke Candi Borobudur.

IMG_20141211_220624Lumayan capek juga memutari keliling borobudur. ternyata borobudur sangat luas sekali. alhasil pegel2 deh kaki 🙂

IMG_3849  IMG_3821

Keluar dari area candi kami disuguhi oleh para penjual souvenir yang harganya relatif murah. Saya pun tak lupa membeli beberapa souvenir. untuk oleh2 teman2 di bandung

tips :`

~ Buat teman2 yang datang dari luar kota disaranin pake kendaraan pribadi ( karena Lokasi nya lumayan jauh dari jogja )

~ disaranin buat berpakaian rapi.

~ disaranin menggunakan topi, kacamata, dan yang paling penting bawa payung( karena panas banget )

Candi Ratu Boko

Luamayan capek memutari candi borobudur yang sangat luas. Setelah shalat Ashar kami melanjutkan ke arah ratu boko, dari sana kami menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit.

1418188908203

1417950377972

Keindahan bak istana diatas bukit ini menarik banyak minat wisatawan untuk datang.Apalgi datang saat matahari mau terbit, sayang waktu saya datang gerimis hujan, jdi tidak bisa menikmati sunset di ratu boko

Sejarah candi ratu boko

diperkirakan istana ratu Boko ini merupakan peninggalan yang bercorak hindu dan budha yang di bangun sekitar abad ke 8 hingga ke 9 masehi.  Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan prasasti yang bertuliskan tahun 792 yang ditorehkan ketika zaman Rakai Pikatan.  Sekitar tahun 856 masehi seorang yang bernama Rakai Walaing Pu Kumbayoni (bawahan Rakai Pikatan) mulai merombak bukit boko menjadi tempat kediaman.

1418188886112

Setelah selesai keliling ratu boko dan alhasil waktu nya balik kebandung

dan yang paling penting jangan lupa narsis 🙂 🙂

12 thoughts on “Hari Ketiga Trip Jogja ~Candi ~ Prambanan– Borobudur – Ratuboko

1. di sebelah candi ratu boko ada candi ijo yang cocok buat penggemar sunset…

*macak guide*

1. ya tapi waktu kesana rada rintik gitu,,alhasil ngk nemu sunset..

1. aku mau ke bromo,,mau foto2,,mau ke dieng juga foto2,,hihihi,,insyaallah bisa diatur..