Polarisasi terimbas ( IP methode )

Teori Polarisasi terimbas

Pada prinsipnya dilakukan dengan cara memutuskan arus listrik yang di injeksikan ke dalam permungkaan bumi. Selanjutnya tampak bahwa beda potensial antara kedua elektroda tidak lansung menunjukan angka nol saat arus tersebut di putuskan. turun secara perlahan lahan dalam selang waktu tertentu. Sebaliknya apabila arus dihidupkan maka beda potensial akan kembali pada posisi semula dalam waktu yang sama.

kurva peluruhan tegangan Kurva Peluruhan tegangan ( Parasnis 1973)

Gelaja polarisai terimabs dalam batuan termineralisasikan terutama ditentukan reaksi Elektrokimia pada bidang batas antar mineral2 logam dan larutan dalam batuan. gejala Ip dapat dilakukan dengan mengalirkan arus terkontrol melalui bahan yangakan diselidiki.

Pengukuran respon IP dapat dilakukan

  • Pengukuran domain waktu

Pengukuran polarisasi terimbas dengan domain waktu yaitu dengan cara mengalirkan pulsa arus listrik bebrbentuk persegi panjang kedalam tanah. untuk mengukur derajar terpolarisasi suatu bahan pada suatu waktu di definisikan chargeability.

  1. IP arus injeksi dalam tegangan waktu
  2. respon tegangan ( sumner, 1976)

 

  • Pengukuran domain frekunsi

untuk mempolarisasika suatu bahan dengan arus listrik imbas ke sutau tingkat tertentu dibutuhkan waktu tertentu tergantung jenis bahannya. Karena frekunsi berbanding terbalik dengan waktu. maka perbedaan respon tegangan dengan pemberian arus listrik dengan frekuensi yang berbeda juga mencerminkan sifat polarisasi suatu bahan tertentu.ini merupakan dasar dalam pengukuran frekuensi (sumner, 1976).

sumnerprosedur pengukuran kwasan frekuensi di lapangan adalah mengalirkan arus listrik ke dalam tanah dalam dua frekuensi yang berbeda. Secara matematik parameter pengukuran frekuensi di definisikan

ip11

hubungan antara PFE dengan metal factor :

MF

Semoga bermamfaat, kalau teman teman juga butuh untuk teori pendukung bisa di lihat  Polarisasi terimbas

😀 😀

Advertisements