magnetotellurics

Magnetotellurics (MT) merupakan metode geofisika elektromagnetik dari pencitraan bawah permukaan bumi dengan mengukur variasi alami dari medan listrik dan magnetik di permukaan bumi. Investigasi mendalam berkisar dari 300 m di bawah tanah dengan merekam frekuensi yang lebih tinggi ke 10.000 m atau lebih dalam dengan periode panjang Soundings. Dikembangkan di Rusia dan Prancis selama tahun 1950, MT sekarang menjadi disiplin akademik internasional dan digunakan dalam survei eksplorasi di seluruh dunia. Penggunaan komersial termasuk hidrokarbon (minyak dan gas) eksplorasi, eksplorasi panas bumi, eksplorasi pertambangan, serta hidrokarbon dan pemantauan air tanah. Aplikasi penelitian meliputi percobaan untuk lebih mengembangkan teknik MT, jangka waktu eksplorasi kerak dalam, dan gempa penelitian prekursor prediksi.

Sejarahnya :

Teknik magentotelluric diperkenalkan oleh ahli geofisika Prancis, Louis Cagniard [1] dan ahli geofisika Rusia Andrey Nikolayevich Tikhonov di awal 1950-an. Dengan kemajuan instrumentasi, pengolahan dan pemodelan, MT telah menjadi salah satu alat yang paling penting dalam penelitian Bumi dalam.

Sejak tahun 1950-an sensor, receiver dan data teknik pengolahan telah mengikuti kecenderungan umum dalam elektronik digital, menjadi lebih murah dan lebih mampu dengan setiap generasi. Kemajuan besar dalam instrumentasi MT dan teknik termasuk munculnya referensi terpencil, GPS berbasis waktu sinkronisasi, dan 3D akuisisi data dan pengolahan.

AplikasiĀ  secara komersial :

  1. eksplorasi Hydrocarbon

    Untuk eksplorasi hidrokarbon, MT terutama digunakan sebagai pelengkap teknik utama eksplorasi refleksi seismologi .Sementara pencitraan seismik mampu struktur citra bawah permukaan, tidak dapat mendeteksi perubahan resistivitas terkait dengan hidrokarbon dan hidrokarbon-bantalan formasi. MT tidak mendeteksi variasi resistivitas dalam struktur bawah permukaan, yang dapat membedakan antara struktur bantalan hidrokarbon dan mereka yang tidak Pada tingkat dasar penafsiran, resistivitas berkorelasi dengan jenis batuan yang berbeda. Tinggi kecepatan lapisan biasanya sangat resistif, sedangkan sedimen – berpori dan permeabel – biasanya jauh kurang resistif. Sementara kecepatan tinggi lapisan merupakan penghalang akustik dan seismik membuat efektif, mereka tahanan listrik berarti sinyal magnetik melewati hampir tanpa hambatan. Hal ini memungkinkan MT untuk melihat jauh di bawah lapisan penghalang akustik, memuji data seismik dan membantu interpretasi. 3-D hasil survei MT di Uzbekistan (32 x 32 grid Soundings) telah membimbing lebih lanjut pemetaan seismik yang dikenal besar gas bantalan formasi dengan geologi bawah permukaan yang kompleks. China National Petroleum Corporation (CNPC) menggunakan MT darat lebih dari perusahaan minyak lainnya di dunia, melakukan ribuan Soundings MT untuk eksplorasi hidrokarbon dan pemetaan di seluruh China.

    2. eksplorasi

    MT digunakan untuk berbagai logam dasar (nikel dan berharga eksplorasi logam, serta untuk kimberlite) pemetaan.

    1991 INCO ini bukti-konsep studi di Sudbury, Ontario, Kanada merasakan 1750 meter sedalam endapan nikel. Falconbridge diikuti dengan studi kelayakan pada tahun 1996 yang secara akurat terletak dua Ni-Cu zona mineralisasi di ~ 800 ~ m dan 1350 m. Sejak itu, kedua perusahaan pertambangan utama dan SMP semakin menggunakan MT dan AMT untuk kedua brownfields dan eksplorasi Greenfields. MT pekerjaan pemetaan signifikan telah dilakukan pada bidang Shield Kanada.

    Berlian eksplorasi, dengan mendeteksi kimberlites, juga merupakan aplikasi yang telah terbukti.

    3. panas bumi eksplorasi

    MT pengukuran eksplorasi panas bumi memungkinkan deteksi anomali resistivitas yang terkait dengan struktur panas bumi produktif, termasuk kesalahan dan adanya batu topi, dan memungkinkan untuk estimasi suhu reservoir panas bumi di berbagai kedalaman. Puluhan MT panas bumi survei eksplorasi telah selesai di Jepang dan Filipina sejak awal 1980-an, membantu untuk mengidentifikasi beberapa ratus megawatt listrik terbarukan di tempat-tempat seperti pabrik Hatchobaru di Kyushu dan pabrik Togonang di Leyte. eksplorasi Panas Bumi dengan MT juga telah dilakukan di Amerika Serikat, Islandia, Selandia Baru, Hungaria, Cina, Ethiopia, Indonesia, Peru, Australia, dan India.

Advertisements

2 thoughts on “magnetotellurics

  1. mantap ni..maaf sebelumnya, adik saya di terima di jurusan teknik geofisika ni.. peluang kerja nya dmana mana aja ya? trims

    1. wah, alhamdulillha, kalau peluang kerja di teknik geofisika mah banyak, bisa ikut di beberapa survey, misal ikut survey mineral klo fokusnya ngambil mining, kalau fokusnya amabil minyak bisa di cevron, pertamina dll.

Comments are closed.