GEOSAINTIS : SEBUAH DEFINISI LATAH YANG TAK DISADARI

izin reblog Ya

Oleh : Agung Budiman

Latah, menurut kamus bahasa Indonesia adalah suatu penyakit saraf yang diderita seseorang dengan suka meniru-niru perbuatan atau ucapan orang lain. Latah dapat disebabkan karena ikut-ikutan ataupun trend yang bahkan terkadang kita sendiri tak tahu makna dari apa yang kita ikuti tersebut. Latah ini pulalah yang saya rasa saat ini juga telah merambah kedalam definisi-definisi geosaintis,  dan geologist/geophysicist yang kemudian membuatnya menjadi ambigu.

Beberapa hari yang lalu saya berdiskusi mengenai definisi geosaintis itu sendiri dengan seorang sahabat dekat saya yang bekerja di salah satu perusahaan migas asing di Indonesia. Hal itu saya pertimbangkan, mengingat posisi/jabatan beliau sebagai geosaintis di perusahaannya. Berikut percakapan singkat saya dengan beliau.

Saya    : “ Mas, kalau geosaintis itu apa yah di perusahaan tempat mas bekerja?”

Beliau : “Ooo….,kalau ditempatku geosaintis itu orang yang bisa menyelesaikan kasus/permasalahan geomigas dengan mengintegrasikan pemahaman geologi dan geofisika artinya yah ketika ditantang untuk memberi solusi atau rekomendasi…

View original post 541 more words

