ACEH NA KENANGAN

Image

sekali menyelam minum air, itulah pribahasa yang cocok saya ungkap kan saat ini. saya melakukan perjalan ke aceh selama seminggu, banyak kenangan yang tidak bisa di lupakan selama saya berada di aceh, saya berangkat dari bandara halim perdana kusuma, menempuh waktu selama 2,5,,cukup melelahkan emang. apalagi dengan wilayah yang cukup jauh dari kota banda aceh yaitu “CALANG’. setelah menempuh kira kira 3 jam dari banda aceh saya sampai di sebuah desa, hmhmhm,, desa yang bisa di bilang sepi, karena  hampir 80 % penduduknya hjilang di bawa tsunami tahun 2004. daerah yang sangat indah ditambah desiran pantai barat aceh, di kelilingi oleh perbukitan geurente, dan hijau nya ilalang membuat mata tak jemu memandang. Sampialah kita disebuah penginapan di pinggir pantai nan eksotik namaya hotel pantai barat,, wauuuuu lumayan bagus,

selama survey lapangan, banyak sisi budaya daerah aceh yang membuat ku tertarik untuk mengetahuina, mulai dr apa itu kota serambi mekkah, sampai masalah GAM yang dulunya pernah ada di aceh. Penasaran ku ngak cukup sampai disana, tiap hari aku di temani oleh orang  orang yang dulu nya pernah ikut basis GAM, membuat ku tidak pernah merasa takut. Sewaktu masalah GAM  menyeruak di layar TV, yang ku tau  aceh itu mengerikan, dimana mana orang berantem , tembakan dimana dimana. tapi sewaktu aku kesana, itu berbeda dari apa yang kulihat di tv dan di berita manapun. Orang aceh sanagt welcome, dia memperlakukan kami sebagai raja, kami di perlakukan sangat baik disana, ya pokoknya beda lah dengan tanggapan orang orang di luar sana.

hari terakhir kami survey, kami di ajak jalan jalan, ke suatu perkampungan yang di sebut LAMNO, perkampungan mata biru, rambut merah, kulit putih, hidung mancung, dahulu nya mereka merupakan keturunan portugis. Sekitar 2 jam perjalan saya baru menemukan seorang anak kecil bermata biru,, konon kata warga setempat  keluarganya hilang waktu tsunami 2004. Puas saya berkeliling daerah LAMNO, akhirnya saya di ajak ke perbukitan yang dinamakn greutee,, iotu merupakan tempat basis gam menembaki ppuluhan mobil brimob yang masuk ke calang,, oh serammnya,, dari atas perbukitan greutee kita bisa melihat, indahnya laut samudra daerah aceh yang biru dengan pasir putihnya.Tidak lupa kami menyantap hidangan dari aceh yaitu : MIE ACEH DAN KOPI ACEHHHH…

aceh ngk akan dilupakan

Image

Image

Image

Image

ImageImage

